#fkupnotes – Olymphiart 2012

Ada yang salah kalo anak FK Unpad ga tau Olymphiart itu apa. Pasti ada yang salah. Soalnya, Olymphiart adalah program kerja Senat Mahasiswa yang melibatkan paling banyak massa kampus (bahkan dengan keterlibatan hampir 100%) dan bisa dibilang kalo Olymphiart teh program yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar massa kampus, alasannya banyak; momen refreshing, kekeluargaan angkatan, gengsi antar angkatan, kekeluargaan FK Unpad, ajang pembuktian minat bakat, dan lainnya. Maka sudah jelas, nampaknya udah mutlak bahwa anak FK Unpad itu kenal, bahkan selalu nunggu-nunggu pelaksanaan Olymphiart. Karena alasan diatas pula, sudah tentu Senat Mahasiswa FK Unpad menjadikan Olymphiart sebagai program kerja prioritas di tiap kepengurusannya.

Olymphiart sudah berlangsung sejak awal 2000-an, dan juga telah menjadi event yang memorable bagi alumni-alumni di masing-masing tahun pelaksanaannya. Pun begitu bagi saya. Sejak mengikuti Olymphiart 2010, Olymphiart selalu mempunyai cerita khas-nya masing-masing yg agak susah dilupain; menang-kalah, susah-mudah, senang-sedih, damai-rusuh, semua ada. Dan saya yakin, begitupun pada kalian.

Mari kita lihat peluangnya. Olymphiart adalah momen besar yang dinanti massa kampus, sehingga setiap rangkaian proses Olymphiart akan mengundang animo yang besar pula dari mereka. Sebagai tulang punggung kemahasiswaan, harusnya Senat Mahasiswa FK Unpad bisa melakukan banyak hal disini, dalam konteks kemahasiswaan dan pengembangan mahasiswanya. Selain hal kekeluargaan dan teknis (yang sudah pasti dibahas di tiap penyelenggaraan), peluang besar partisipasi kampus di momen ini harusnya bisa dimanfaatkan untuk menanamkan kebaikan sebanyak-banyaknya di kampus kita tercinta, FK Unpad. Pemikiran ini ada di benak saya selama beberapa lama; gimana caranya, kita membudayakan sesuatu yang baik di rangkaian kegiatan Olymphiart ini.

Salah satu mimpi saya untuk kampus ini adalah; Intelektualitas. Bukan semata kecanggihan kualitas akademik mahasiswanya, tapi kalo bisa, seluruh mahasiswa FK Unpad bisa terpapar budaya-budaya intelektual dalam semua aspek kehidupan lewat kegiatan kemahasiswaan. Nu jiga kumaha budaya intelektual teh ? Sederhananya, pengambilan keputusan apapun di kehidupan sehari-hari berdasarkan pertimbangan yang jelas, dimengerti, dan dapat dipertanggungjawabkan. Ada keterlibatan logika baik-buruk di setiap keputusan yang kita ambil, bukan sekadar insting atau perasaan. Hal ini disambung dengan inspirasi dari teman-teman kita dalam penyelenggaran ITB Fair. Acara besar atas nama ITB yang merupakan program kerja KM ITB ini, diawali dengan pemilihan ketua-nya dengan proses yang sangat demokratis dan dapat dipertanggungjawabkan; masing-masing calon ketua menyiapkan konsep dan tim-nya, ada masa kampanye-nya, kemudian pemilihan dilakukan oleh semua massa kampus yang diwakili oleh himpunan dan UKM. (tolong koreksi bila proses-nya salah).

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membahas pelaksanaan Olymphiart, melainkan rangkaian proses sebelumnya, yakni Forum-forum Persiapan Olymphiart. Ya, di FK Unpad, Olymphiart biasanya diawali oleh Forum Olymphiart yang berisi pembahasan dan penyetujuan SOP, pemilihan Steering Committee, Discipline Committee, dan ketua pelaksana / Organizing Committee. Penyelenggaraannya merupakan tanggungjawab dari seksi Solid Kolega, dan anggota SC/DC-nya merupakan perwakilan-perwakilan terpilih dari tiap angkatan. OC Olymphiart 2010 diketuai oleh Bang Denny Lesmana Putra 2008, sedangkan OV Olymphiart 2011 diketuai oleh Muhammad Aldito Rivaldi 2009.

Dengan latar belakang di atas, kepengurusan Senat Mahasiswa FK Unpad 2012, dalam hal ini terutama Seksi Solid Kolega, berencana melakukan sedikit perubahan yang (semoga) positif pada rangkaian proses Forum Olymphiart, terutama pemilihan ketua Organizing Committee. Konsep ini diinisiasi oleh sebuah pertemuan di pagi hari sebelum kuliah di kantin A6 antara saya, Tami (Sekjen), Hafdzi (Kabid 2), dan Raisha (Kasie Soka). Setelah itu, konsep disepakati dan disesuaikan juga dengan Kasie Soka 2011 Anggia Karina, dan Kabid 2 2011 Muhammad Marikar Arsy.  Di Forum Olymphiart tahun-tahun sebelumnya, pemilihan ketua Olymphiart kurang lebih begini; masing-masing angkatan mengirimkan perwakilan untuk menjadi ketua Olymphiart, kemudian kita diskusikan bersama di Forum Olymphiart untuk berujung pada satu nama, sang ketua pelaksana Olymphiart. Proses ini sudah berjalan baik selama bertahun-tahun, setidaknya sejak saya terlibat di proses ini sejak dua tahun yang lalu. Kami, Senat Mahasiswa FK Unpad 2012 bermaksud menyempurnakan proses ini. Gimana caranya, calon-calon ketua Olymphiart bisa menyiapkan pengemasan idenya dengan lebih baik, sehingga massa kampus dapat memilih dengan lebih obyektif. Gimana caranya, para peserta Forum Olymphiart tak semata memilih calon ketua  berdasarkan figuritas-insting-dan perasaan, namun juga melibatkan pertimbangan-pertimbangan konkret yang rasional sebagai alasan memilih calon mana yang terbaik untuk memimpin Olymphiart. Inilah budaya intelektualitas yang ingin kami tanamkan dalam kegiatan kemahasiswaan.

Atas dasar itu, akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan jeda antara proses pemilihan calon ketua dan proses pemilihan ketua, Forum Olymphiart I dan Forum Olymphiart II. Di waktu jeda tersebut, Senat Mahasiswa meminta para calon ketua (yang telah disepakati Forum Olymphiart I) untuk menyiapkan hal-hal dibawah ini:

  1. CV + SWOT
  2. Visi – Misi untuk Olymphiart 2012
  3. Rancangan konsep acara meliputi; waktu, durasi, bentuk acara, inovasi
  4. Rancangan Indikator
  5. Rancangan keuangan
  6. Analisis masalah dan Solusi untuk Olymphiart 2012
  7. Bisa juga menyiapkan Tim Inti Pelaksana Olymphiart 2012

Hal-hal diatas disiapkan untuk dipresentasikan di Forum Olymphiart II pada Jum’at, 3 Februari 2012 dan untuk dijadikan pertimbangan bagi mahasiswa. Ya, dengan konten-konten di atas, diharapkan proses pemilihan ketua Olymphiart dapat berlangsung lebih rasional dan matang.

Pada Jum’at, 3 Februari 2012, selain mengundang mahasiswa FK Unpad, kami pun akan mengundang panelis-panelis terpercaya dan berpengalaman untuk menggali potensi dan ide dari masing-masing calon, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan informasi sebanyak dan sedalam mungkin atas masing-masing calon. Tahun ini, FK Unpad punya 3 calon ketua OC Olymphiart

Semua proses ini bisa jadi tidak ideal dan bisa jadi lebih buruk, tapi ini adalah buah pemikiran dan keyakinan Senat Mahasiswa 2012 untuk bukan saja mengadakan Olymphiart yang menarik dan meningkatkan kekeluargaan FK Unpad, namun juga Olymphiart yang membudayakan hal positif bagi mahasiswa dan kemahasiswaan FK Unpad. Semoga Olymphiart 2012 bisa lebih rame, berasa kekeluargaannya, professional pelaksanaannya, dan berkah acaranya, Amin!

Senat Mahasiswa 2012; Bikin Aksi, Bukan Basa-Basi!

#fkupnotes

                                                                                                                Poundra Adhisatya Pratama

Ketua Senat Mahasiswa FK Unpad 2012

~ by Poundra Adhisatya Pratama on 29/01/2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: